campuran-gomars
solo punya: POSISI SUSU KAMBING DI MASARAKAT

Jumat, 06 Januari 2012

POSISI SUSU KAMBING DI MASARAKAT


Menurut salah satu mahasiswa yang telah melakukan penelitian disebuah kampung guna melaksanakan tugas ilmiyah dari sebuah perguruan tinggi di indonesia, disimpulkan bahwa Posisi Susu Kambing Semakin Penting di Msyarakat, Kalau kita perhatikan susu kambing sangat banyak memberikan manfaat kepada masyarakat, dapat menyembuhkan berbagai penyakit, susu kambing etawa dapat digunakan sebagai obat herbal alami tanpa bahan kimia. dalam kalangan masyarakat susu kambing etawa dpt digunakan berbagai fungsi. Diantaranya :
  1. bahwa sebagian besar konsumen memanfaatkan susu kambing sebagai obat (56,3%) 
  2. selebihnya untuk menambah daya tahan tubuh (31,2%) dan sebagai aprodisiak (12,5%).
  3. Susu kambing lebih dikeal sebagai penawar penyakit tertentu disamping sebagai sumber gizi. 
  4. Konsumen beranggapan bahwa susu kambing bermanfaat sebagai penawar gatrointestinal, penyakit pernafasan (asma, TBC, bronkhitis)
  5. Sebagai aprodisiak dan untuk menjaga kondisi kesehatan
Susu Kambing cukup digemari seperti layaknya susu sapi (Sunarlin, 1992). Susu kambing mempunyai kandungan total bahan kering (abu) dan lemak lebih tinggi daripada sapi, demikian juga kandungan mineralnya (Ca, P, Ca:P, CI, ,kecuali Fe dan Cu), vitaminnya (vitamin A dan B) serta riboflavin (tabel 1). Total protein, albinum dan globulin serta casein memang rendah, namun non protein nitrogen lebih tinggi pada kambing daripada susu sapi. Sunarlin memberikan analisis yang  agak berbeda, kandungan protein susu kambing relatif lebih tinggi, yaitu 4,3% dibanding susu sapi (3%). Sedangkan kadar lemak susu kambing (2,8%) lebih rendah dibandingkan kadar lemak susu sapi, yaitu 5,0%. Triwulaningsih melaporkan hasil yang relatif tinggi, yaitu 3,69%. 

Dari Uraian diatas, susu kambing ternyata sangat potensial sebagi sumber protein hewani disamping susu sapi. Bagi anak-anak (bayi) yang alergi terhadap susu sapi, susu kambing dapat menggantikannya. Oleh sebab itu, tepat sekali kalau pemasyarakatn susu 
kambing dikaitkan dengan program gizi keluarga dalam program posyandu. Di Inggris, susu kambing selain dikonsumsi, juga diolah menjadi berbagai bentuk seperti keju, krim, mentega dan yoghurt (Mackenzie,1970). 
Harga Susu Kambing Yang Sangat Menarik
Persepsi tersebut diatas mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap mahalnya harga susu kambing jika dibandingkan harga susu sapi yang dapat mencapai 10 kali lipat. Akhir-akhir ini konsumsi susu kambing terus meningkat dari tahun ketahun. Laju peningkatan populasi yang tidak seimbang dengan laju permintaan kambing tersbut akan menciptakan ketidak seimbangan antara permintaan dan produksi tersebut.


demikian artikel singkat semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar