campuran-gomars
solo punya: MENDIDIK KECERDASAN HIDUP (Darul Ma'rifat Gontor Tiga)

Rabu, 04 Januari 2012

MENDIDIK KECERDASAN HIDUP (Darul Ma'rifat Gontor Tiga)


Ada sebuah pesantren yang menarapkan sistem pendidikan yang sangat bagus dan patutu di contoh, sejenak kita membaca ulasan dari seorang pimpinan pondok yang terletak di kediri, yang disebut Pondok Modern Darul Ma'rifat Gontor III, Mendidik secara total dan terpadu, itulah metode pendidikan yang diterapkan pesantren. Selama 24 jam santri tinggal di dalam asrama yang berdisiplin, teratur dan padat aktifitas. Setiap saat siswa dalam bimbingan, pengarahan, naungan dan pengawasan para pendidik. Semua yang dilihat, didengar, dirasakan oleh santri di pesantren adalah faktor-faktor yang sengaja disiapkan untuk mendidik. Kadang disampaikan melalui penugasan, namun yang pasti pendidikan di pesantren diaplikasikan dengan perbuatan nyata, keteladanan serta penciptaan lingkungan yang baik.

Pondok Modern Gontor III Darul Ma’rifat saat ini dihuni kurang lebih 2500 santri bersama 350 orang guru. Para santri terbagi dalam 30 asrama dan beberapa kantor organisasi pelajar, saat belajar mereka terbagi dalam 74 kelas

Pendidikan yang paling efektif adalah model pesantren, dengan totalitas pendidikan di pondok, dimana selama 24 jam santri tinggal di dalam kampus pondok, melihat, mendengar, memperhatikan, merasakan, beraktifitas. Adalah Pondok Modern Gontor III Darul Ma’rifat yang mana merupakan cabang dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo,  dengan sekian banyak santri dan guru didalamnya menjadikan pondok ini tetap bisa menjalankan segala kegiatannya sesuai dengan sunnah pondok. dengan berbagai aktifitas dan kegiatannya juga mendidik santri agar  mempunyai mentalitas  tinggi.dan dapat mengabdi di masyarakatnya nanti. Seluruh kegiatan yang ada di pondok ini merupakan kurikulum, hingga kadang-kadang terjadi gesekan-gesekan antar santri itu sendiri karena padatnya kegiatan, tetapi gesekan –gesekan itu akan semakin mengasah mental santri dalam berkompetisi untuk berbuat kebaikan, menumbuhkan kreatifitas dalam berfikir dan berbuat. “Liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala”. Sebab setiap adanya gesekan dalam berbagai kegiatan dan aktifitasnya, menjadikan santri-santrinya berdisiplin tinggi, menghargai waktu, dengan tujuan mencetak santri yang bermanfaat bagi ummat,bangsa,dan negaranya, dan dalam gerak itu sendiri terdapat barakah. Karena di pondok, santri di bina memimpin dan mau dipimpin, dia harus mengatur dan mau diatur, mengikuti disiplin, harus belajar, mengatur dirinya sendiri, menata pikiran, menata waktu, menata perasaan, menata tenaga dan lain sebagainya. Adapun salah satu penyebab keberhasilan Gontor adalah seluruh penghuninya memahami Gontor, saling memahami antara kiyai, guru,santri, dan juga memahami totalitas kehidupan pondok, sehingga dengan demikian terjadilah Ukhuwah Islamiyah dan juga agar santri bisa memahami pondok dengan mata hati, iman, otak dan dibuktikan dengan perbuatan yang nyata.  
 Dinamika kehidupan pondok yang senantiasa berputar tanpa batas, baik dalam aktifitas pondok maupun luar pondok, sepak terjangnya pondok serta perbuatan dan  tingkah laku para penghuninya, juga apa yang dilihat, didengar, dirasakan oleh seluruh penghuninya tidak lain semuanya itu adalah pendidikan. Santri di bina belajar bermasyarakat, santri harus bisa belajar bergaul dengan orang yang bermacam-macam watak, adat, dan budayanya, dengan demikian maka akan saling memahami satu sama lainnya. Dan terciptalah suatu kebersamaan dan persatuan.

Mengiringi perubahan zaman yang begitu pesat, dengan berkembangnya teknologi, science, dan juga bidang keilmuan lainnya, dalam hal ini pun Alhamdulillah Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor III melakukan percepatan dan lompatan-lompatan. khususnya dalam bidang teknologi dan jaringan komputerisasi. Berawal sejak dirintisnya bagian pusat data yaitu pada tahun 2004, yang mana adalah keinginan bapak pengasuh sendiri untuk memiliki sebuah  pusat data santri, kendati  masih terkesan sederhana, tapi bagian pusat data ini  mempunyai fungsi yang besar dalam mengetahui data pribadi santri, kegiatan keseharian santri, baik formal maupun informal. Dan Alhamdulillah pada saat ini bagian data sudah bisa memasang jaringan dengan bagian yang lainnya. dengan diberangkatkannya beberapa staff pengajar dari pondok untuk mengikuti sebuah pembelajaran khusus tentang program dan jaringan  komputer  pada bulan Ramadhan yang lalu tepatnya di UNMUH Malang, maka Alhamdulillah mereka bisa memasang jaringan link komputer di pondok modern Gontor III ini. 

Adapun selain telah terpasangnya jaringan, Pondok Modern Gontor III juga telah memiliki web pondok,  walaupun masih dalam tahap penyempurnaan dan dalam bentuk yang sederhana tetapi dengan adanya  web  ini maka memudahkan hubungan diantara bagian-bagian dalam mengetahui informasi dan data-data yang terbaru mengenai santri, guru-guru dan juga kabar tentang pondok. Disamping telah terpasangnya jaringan  dan juga telah terbentuknya web, pondok juga telah merintis digital library, yang Alhamdulillah masih dalam proses penyempurnaan juga,  dikarenakan seluruh staffnya masih mengentry data-data buku baru. Karena  pada tahun ini merupakan suatu kesyukuran bagi Pondok Modern Gontor III yang telah mendapatkan bantuan berupa buku-buku dari Depag sebanyak 18 kardus. Dengan adanya digital library ini memudahkan para santri dan guru-guru dalam mencari buku yang diinginkan, dan juga dapat menghemat waktu dalam pencarian buku. Selain itu juga diwajibkan kepada seluruh santri dan guru untuk memilki kartu khusus dalam peminjaman buku supaya memudahkan dalam pendataan buku.

Dalam bidang pendidikan dan kelimuan pondok  juga telah memiliki dua laboratorium, yaitu Lab. Mafikib dan Lab. Bahasa yang mana telah dirintis sejak Ramadhan lalu, walaupun masih bersifat sederhana tetapi kedua  Laboratorium  sudah bisa diaktifkan, dibantu dengan menggunakan Lcd  dengan tujuan agar lebih menarik  dan juga santri mudah dalam menerima pelajaran. Sedangkan laboratorium bahasa, santri masuk secara bergantian tiap harinya, dengan di bimbing langsung oleh para asatidz , yaitu dalam hal listening, conversation, speaking memudahkan para santri dalam blajar bahasa. Adapun untuk guru-guru, mereka menggunakan Lab. Bahasa dalam perkuliahannya, sehingga dengan demikian diharapkan terciptanya lingkungan berbahasa Arab dan Inggris, “biiah lugowiyah”.

Selain pembangunan sarana dan prasarana, untuk mendukung keberhasilan santri dalam pendidikan dan pengajarannya, pada tahun ini pondok juga memiliki tambahan tanah wakaf dari ibu Siti Fatimah, dengan luas 261 Ru / 3658,5 m yang berada di selatan pondok, dan juga tanah wakaf dari pak maksum seharga Rp. 104.400.000 dengan luas 261 Ru. Adapun dalam hubungannya dengan masyarakat sekitar dan para pekerja, pondok juga akan membangun musholla di sebelah timur pondok, selain itu juga para pekerja mendapatkan pengajaran khusus dari guru-guru  staff pembangunan, guru-guru  mengadakan siraman rohani sebulan sekali, mengajari cara membaca Al-Qur’an, mengajari bahasa arab, pelajaran hadits setiap hari tepatnya setelah melaksanakan shalat maghrib berjama’ah. Dengan tujuan supaya masyarakat sekitar mengenal lebih dalam tentang agama dan juga mempererat tali silaturahmi.

Betapa menjadi sebuah kesyukuran bagi kami keluarga pondok modern Gontor III, dengan adanya perkembangan dan kemajuan yang bertahap dari tahun ke tahun, menjadikan pondok ini sebagai lapangan perjuangan, mencetak santri-santri unggulan yang bermanfaat bagi ummat, bangsa dan negara. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. seperti yang telah dikatakan dalam hadits “khairunnaasi anfa’uhum linnaasi”  Semoga Allah memberikan karunia, taufiq, dan hidayahnya kepada kita semua untuk menegakan agama islam dan li’ilai kalimatillahi”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar