campuran-gomars
solo punya: POKOK-POKOK AQIDAH ISLAMIYAH

Minggu, 15 Januari 2012

POKOK-POKOK AQIDAH ISLAMIYAH

Pokok-pokok aqdah islamiyah sangatlah penting dalam kehidupan manusia muslim, Manusia yang hidup ini senantiasa ingin tahu, dan lagi harus tahu, bagai mana kepercayaan yang harus diyakininya, dan bagaimana pula kewajiban-kewajiban yang harus dikerjakan, untuk itu orang harus mengetahui dan mempercayai pokok-pokok aqidah islamiyah, dan harus mengetahui serta menjalankan pokok-pokok sebagai seorang muslim.

Menurut Sayid sabiq Pokok-pokok aqdah islamiyah tersusun enam perkara, Antara lain :
  1. Ma’rifat kepada Allah dengan nama-nama-Nya yang mulia dan sifat-sifa-Nya yang tinggi juga ma’rifat dengan bukti-bukti wujud atau ada-Nya serta pernyataan sifat keagungan-Nya dalam alam senesta atau didunua ini.
  2. Ma’rifat dengan alam yang ada dibalik alam semesta pula kekuatan-kekuatan kebaikan yang tidak dapat deilihat, demikian pula kekuata-kekuatan kebaikan yang terkandung didalam yakni yang berbentuk Malaikat, juga kekuatan-kekuatan jahat yang terbentuk iblis dan syaitan, selain itu juga ma’rifah yang ada didalam alam lain lagi seperti jin dan ruh.
  3. Ma’rifah dengan kitab Allah ta’ala yang diturunkan oleh-Nya kepada para Rasul, kepentingannya adalah sebagai batas untuk mengetahui antara yang hak dan yang batil, yang baik dan yang jelek, yang halal dan yang haram, juga antara yang bagus dan yang buruk.
  4. Ma’rifat dengan Nabi-nabi dan Rasul-rasul Allah ta’ala yang terpilih oleh-Nya untuk menjadi pembimbing kearah petunjuk, serta pemimpin seluruh makhluk guna menuju kepada arah yang baik.
  5. Ma’rifat dengan hari akhir dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di saat itu seperti kegbangkitan dari kubur (hidup lagi sesudah mati), memperoleh balasan, pahala atau siksa, surga atau neraka.
  6.  Ma’rifat kepada takdir (Qadha dan Qadar) yang diatas landasan itulah berjalan peraturan segala yang ada dialam semesta ini, baik dalam penciptaan ataucara mengaturnya.
Menurut ajaran islam pokok-pokok aqidah islamiyah meliputi “Arkanul Iman” (Rukun Iman), Rukun Iman menurut Al-FirQoh An-Najiyah antara lain : Iman kepada Allah Ta’ala, Iman Kepada Para Malaikat-malaikat-Nya, Iman Kepada Kitab-kitab, Iman Kepada Rasul-rasul, Iman Kepada Kebangkitan Setelah Mati ( Adanya Hari akhirat). Iman Kepada Takdir Yang Baik Maupun Buruk Dari Allah ( Qodho dan Qadar).

Itulah sekilas artikel tentang pokok-pokok aqidah islamiyah, semoga bisa memberikan manfaat bagi pengunjung dan saya pribadi sebagai penulis artikel ini,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar