campuran-gomars
solo punya: ARTI AMANAH DALAM KEHIDUPAN

Rabu, 04 Januari 2012

ARTI AMANAH DALAM KEHIDUPAN


Segala puji bagi Allah yang telah mewajibkan seluruh hamba-Nya untuk melaksanakan amanah, serta mengharamkan atas mereka pengkhianatan dan  tipudaya.

“ Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kalian untuk menunaikan amanah kepada yang berhak, dan apabila kalian menghukumi, hendaknya menghukumi dengan adil, sesungguhnya Allah sebaik-baik pemberi nasehat bagi kalian, sesungguhnya Allah itu Maha Mendengar lagi Maha Melihat ( An-Nisa’ : 58 )

Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Ilah yang haq untuk disembah selain Allah yang tiada sekutu bagi-Nya, persaksian yang dengannya kita berharap mendapatkan keselamatan pada hari akhir serta keberuntungan dengan surga yang penuh kenikmatan dan kemuliaan. Dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad SAW adalah hamba dan utusan Allah, yang dengan beliau Allah menyempurnakan nikmat-Nya, yang diutus oleh Allah untuk alam semesta sebagai penebar rahmat dan tauladan. Yang sejak remaja terkenal sebagai orang yang dapat dipercaya ( al-amien ) karena teguh memegang amanah. Semoga Allah senantiasa melimpahkan keselamatan, kesejahteraan atas beliau, sanak kerabatnya, para sahabatnya dan para pengikutnya hingga hari qiyamah.
Marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah dan selalu menunaikan amanah yang harus kita pertanggung jawabkan.

 “ Hendaknya orang yang diberi amanah menunaikan amanahnya, dan hendaknya bertaqwa kepada Allah “ ( al-Baqoroh : 283 )

Marilah kita menunaikan amanah yang dulu pernah ditawarkan untuk diemban langit, bumi dan gunung lalu mereka menolaknya dan khawatir akan menelantarkannya, hingga kemudian manusia yang menanggungnya, sungguh manusia itu sangat aniaya lagi bodoh. ( Al-Ahzab : 72 )

Marilah kita tunaikan amanah yang kelak kita akan dimintai pertanggungjawaban atasnya, sesuai dengan apa yang sudah kita laksananakan. Yang tuntas menunaikannya akan selamat dan beruntung, yang ceroboh akan celaka dan merugi. Karena salah satu sifat orang beriman yang mendapatkan kemenangan adalah yang menjaga dan memenuhi janji serta amanahnya ( Al-Mu’minun : 8 ) 

“ Yaitu orang-orang yang memelihara amanah dan janj imereka “
 “ Sesunguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang berkhianat “ ( al-Anfal : 58 ).
Marilah kita laksanakan amanah, baik antara kita dengan Allah, maupun antara sesama kita sebagai makhluq Allah. 

Pembahasan tentang amanah selanjutnya kita bahas di artikel berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar