campuran-gomars
solo punya: CARA PEMERAHAN SUSU KAMBING

Jumat, 06 Januari 2012

CARA PEMERAHAN SUSU KAMBING

Bagaimana cara memerah susu kambing???????, biasanya pertanyaan tersebut yang banyak ditanyakan oleh peternak kambing pemula, atau anda yang tertarik untuk memulai usaha peternakan kambing perah.
Cara memerah susu kambing itu tidak sulit, akan sangat membantu jika anda juga memahami bagaimana cara kerja ambing ( ambing adalah organ tubuh kambing yang berbentuk seperti kantong tempat penyimpanan susu ). Bayangkan ambing susu sebagai sebuah sarung tangan dari bahan lateks yang penuh diisi air. Bayangkan dot dari ambing sebagai jari-jari sarung tangan, kemudian bayangkan ada sebuah lubang di ujung jari-jari sarung tangan dan anda ingin mendapatkan atau mengeluarkan air dari lubang itu.

Jika Anda hanya meraih dan meremas jari, sebagian besar dari air akan kembali ke bagian telapak sarung tangan, tidak keluar lubang. Dalam rangka untuk mendapatkan air keluar dari lubang sarung tangan, Anda mengambil ibu jari & telunjuk dan mencubit dari jari sarung tangan, sehingga air tidak dapat mengalir kembali, maka Anda menutup seluruh jari Anda, memaksa air terperangkap keluar lubang. Begitulah cara memerah susu kambing dariambing kira kira dilakukan.

Siapkan diri anda untuk memerah kambing. Pemerahan dilakukan pada hari ke 4-7 setelah Kambingmelahirkan anaknya. Sebelum hari ke 4-7, dihasilkan kolostrum yang sangat dibutuhkan oleh anak kambing/ cempe untuk kelangsungan hidup dan kesehatan nya. Untuk memulai persiapkan kambing di suatu tempat yang tidak terlalu luas agar kambing tidak dapat banyak bergerak untuk memudahkan proses pemerahan. Kambing yang sudah dilatih semenjak kecil akan lebih mudah untuk diperah. Atau paling tidakkambing bisa diikat dengan sebuah cara agar tidak banyak bergerak. Sebelum mulai diperah ambing susu harus dibersihkan dengan menggunakan air hangat. 
Gunakan wadah dari kaca atau stainless steel untuk menampung hasil perahan. Arahkan susu hasil perahan dari ambing ke setap sisi/dinding wadah yang anda gunakan. Periksa hasil perahan pertama kali untuk mengidentifikasi hasil susu yang didapat. Hasil perahan yang pertama kali bisa dibuang karena biasanya banyak mengandung bakteri. 
Sekarang pemerahan dapat dimulai. Tempatkan ember baja stainless bersih di bawah ambing & bersiap-siap untuk melihat hasil dari semua kerja Anda! 

sebaiknya anda tidak memakai wadah dari plastik, pakai yang terbuat dari stainless steel atau kaca 
Untuk susu kambing Anda, cukup mencubit dari dot di dekat pangkal ambing dengan jempol & telunjuk, tutup sisa jari-jari Anda, yang memaksa keluar & susu ke dalam wadah yang Anda gunakan. Sekarang melepaskan genggaman Anda, kemudian ulangi. 

Ketika Anda memerah, saat pasokan melambat, gerakkan tangan Anda ke atas menuju ambing untuk merangsang lebih banyak susu. Anak kambing / cempe melakukan hal ini, dan mereka TIDAK melakukan dengan lembut! Cempe yang lebih dewasa menyusu kepada induknya dengan cara yang agak sedikit kasar sehingga induknya sampai mengangkat sebelah kaki belakang mereka. 
Lepaskan kembali induk kambing tersebut dan satukan kembali dengan anak anaknya. 
Latih terus kemampuan anda dalam memerah. 
Alat perah susu kambing portabel, memudahkan anda dalam memerah kambing peliharaan anda, dengan mesin ini bisa diperoleh hasil yang kontinyu tiap hari tiap pemerahan, mesin ini import dari Turki.
Double milking group,single alumunium bucket f/sheeps,goats eks Sanmak, Turki
  • spesifikasi : 
  • Dry pump, 
  • Capacity : 180 lt (5%) pada tekanan 38cm/Hg 
  • Monophase 220 V,50 Hz, 
  • 1500 rpm, 0,8 Hp electric motor 40/60 pulsator, 
  • 1 x 40 L alumunium bucket 
  • 20 sheep, goats/h milking capacity
demikian cara pemerahan susu kambing semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar