campuran-gomars
solo punya: METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PENGAJARAN ILMU AGAMA ISLAM )

Kamis, 16 Februari 2012

METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PENGAJARAN ILMU AGAMA ISLAM )

Metode Pendidikan Agama Islam. Dalam pendidikan dan pengajaran ilmu agama islam yang baik guru berperan sebagai pelaksana sumber  belajar dalam arti melaksanakan dieinya sebagai pengeloa dan pelaksana sumber belajar, untuk mencapai hal tersebut tentunya guru pendidikan agama islam harus pandai menggunakan metode-metode pendidikan agama islam dan memilih dengan tepat. dengan demikian pendidikan agama islam sebagai alat pencapaian tujuan, maka diperlukan pengetahuan tentang tujuan itu sendiri, metode mengajar adalah metode yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pengajaran kepada anak didik atau murid.

Berikut beberapa metode pendidikan agama islam :
  1. Metode Tutwuri Handayani. Mempunyai maksud guru membimbing anak didik kearah kemajuan, pendidik tidak boleh terlalu menempatkan anak didiknya dibawah pimpinanya, tetapi pendidik sebagai pamong, berdiri dari belakang tetapi tetap memberi kesempatan.
  2. Metode Ceramah. adalah metode dalam pendidikan dimana cara menyampaikan materi kepada anak didik dengan jalan penerangan dan penuturan secara lesan.
  3. Metode Tanya Jawab. Adalah menyampaikan pelajaran dengan jalan guru mengajukan pertanyaan dan murid menjawab.
  4. Metode Diskusi. Adalah metode dengan membent kelompok kerja dari ku,pulam-kumpulan beberpa individu yang bersifat Paedagogik yang didalamnya terdapat hubungan timbal balik (kerjasama) antara individu serta saling percaya mempercayai, didalam metode ini dilakukan dengan mempelajari bahan atau menyampaikan bahan dengan jelas dan mendiskusikannya, sehingga berakibat menimbulkan pengertian serta perubahan tingkah laku.
  5. Metode Demonstrasi. adalah metode mengajar dengan memperlihatkan bagaimana terjadinya proses suatu hal.
  6. Metode Tugas. adalah metode tugas belajar yang diberikan oleh seorang guru kepada siswa untuk dikerjakan dirumah.
Itulah sekilas tentang Metode Pendidikan Agama Islam. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar