campuran-gomars
solo punya: MENJELANG HARGA BBM NAIK PARA PEDAGANG MULAI PASANG HARGA BARU

Minggu, 26 Februari 2012

MENJELANG HARGA BBM NAIK PARA PEDAGANG MULAI PASANG HARGA BARU

MENJELANG HARGA BBM NAIK PARA PEDAGANG MULAI PASANG HARGA BARU
Jakarta - Menjelang rencana kenaikan harga BBM ternyata memunculkan ekspektasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok. Misalnya, para pedagang di pasar tradisional di Mampang Jakarta Selatan sudah melakukan kenaikan harga secara bertahap.

"Sebelum BBM naik, kita sudah menaikkan harga sembako untuk mengantisipasi kenaikan BBM. Paling kenaikannya sampai 10-20%," kata Ulung salah satu pedagang di Pasar Tradisional Mampang, Jakarta Selatan, kepadadetikFinance, Minggu (26/2/2012)

Ulung yang menjual kebutuhan pokok seperti sayur mayur, telur, cabai, bawang, gula dan lain-lainnya, sengaja menaikan harga karena khawatir kenaikan BBM nanti sangat tinggi.

Pedagang pasar lainnya seperti Sutikno mengatakan beberapa pekan ini harga gula mengalami kenaikan harga tertinggi dibandingkan harga bahan pokok lainnya. "Saya tidak tahu penyebab kenaikannya. Sebelumnya harga gula Rp 10.500-11.000 per Kg sekarang 12.000 per Kg," katanya.

Sementara itu Sriyasti pedagang sayur mayur dan sembako mengatakan, selama musim penghujan harga sayur naik terus akibat suplai yang terganggu. Sementara, harga sembako selain gula yang juga mengalami kenaikan adalah minyak goreng.

"Masalah kenaikan harga akan menyesuaikan setelah BBM naik. Tetapi sekarang misalnya minyak curah sudah naik dari Rp 9000-9500 per Kg menjadi Rp 10.000-Rp 11.000 per Kg," katanya.

Anto pedagang beras di lokasi yang sama mengatakan, memang harga beras sejak akhir tahun lalu sudah terus naik. Namun ia mengamati kenaikan harga beras saat ini relatif stabil tinggi. Ia memperkirakan harga akan kembali naik setelah ada kepastian kenaikan harga BBM.

"Kenaikan harganya paling Rp 500 per Kg, masalah BBM in‎i sekarang kenaikanya tipis. Nanti kalau sudah BBM naik, baru akan ada kenaikan yang tinggi," katanya.

Keempat pedagang ini mengaku secara distribusi sembako tak ada masalah. Namun saat ini kenaikan diduga lebih karena spekulasi jelang kenaikan harga BBM.

MENJELANG HARGA BBM NAIK PARA PEDAGANG MULAI PASANG HARGA BARU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar