campuran-gomars
solo punya: Sejarah Foto Hantu Foto Hantu Hoax

Kamis, 22 Maret 2012

Sejarah Foto Hantu Foto Hantu Hoax

Sejarah Foto Hantu | Foto Hantu Hoax. Foto hantu sering kita jumpai baik di internet maupun TV berbayar. Foto hantu bahkan sering kita jumpai di buku ataupun di majalah. Namun apakah Anda tahu kapan foto hantu pertama kali dibuat?

Seringkali pemburu foto hantu amatir menawarkan ribuan foto hantu dan dia mengklaim foto hantu tersebut sebagai hantu. Beberapa foto hantu yang ditawarkan adalah foto hantu bayangan, foto hantu bayangan manusia dan foto hantu berbentuk pantulan cahaya.


Foto hantu hanyalah foto hoax

Akan tetapi semua foto hantu tersebut yang semua bentuknya menyeramkan adalah foto hantu hoax saja. Foto hantu menyeramkan tersebut dibuat oleh fotografer cerdas. Di sisi lain muncul fenomena lain dari foto hantu, yaitu foto arwah. Foto arwah merupakan fenomena terbaru dari foto hantu.

Penemu Foto Hantu

Penemu foto hantu adalah William H. Mumler. Fotografer William H Mumler orang yang pertama kali menghasilkan foto hantu. William H Mumler pertama kali menghasilkan foto arwah tahun 1861. Selanjutnya William H Mumler menciptakan lusinan foto hantu hingga dekade berikutnya.

Foto foto hantu yang dibuat Mumler bukan hantu bulatan cahaya. Foto hantu Mumler adalah foto hantu manusia yang tampak samar dan pucat. Penulis Photography and Spirit John Harvey mengatakan, “Pada foto Mumler, roh tampak pucat dan memakai baju seperti baju malaikat”.

William H Mumler merupakan orang pertama yang menemukan foto hantu semacam ini dan ia yakin, banyak orang memiliki hubungan khusus pada ‘dunia lain’.


Subyek paling terkenal Mumler adalah foto hantu janda presiden Amerika Serikat ke-16, Mary Todd Lincoln, yang ia foto bersama pencitraan suaminya berdiri di sebelahnya.

Pada kenyataannya, Mumler akhirnya mengaku sebagai pembuat foto hantu hoax. ‘Hantu’ yang ia foto hanyalah eksposur ganda dari pelanggan sebelumnya.

Meski foto hantu pertama ternyata hanya sekadar foto hantu hoax, saat ini banyak foto hantu serupa bermunculan. Meski teknologi terus berkembang, fotografis asli membuktikan foto hantu selalu menjadi obyek yang sukar dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar