campuran-gomars
solo punya: TEORI MEMILIH INDUK DAN PEJANTAN KAMBING YANG BAIK

Sabtu, 24 Desember 2011

TEORI MEMILIH INDUK DAN PEJANTAN KAMBING YANG BAIK

Teori memilih induk dan pejantan kambing yang baik sangat dibutuhkan bagi para pemula khususnya, untuk menghasilkan bibit kambing yang baik kita perlu memperhatikan dalam teori memilih induk dan pejantan kambing yang baik, seperti apakah induk dan pejantan kambing yang baik untuk pembibitan? Untuk Bapak dan ibu yang pengen memelihara bibit kambing, kami PT Sari Madu Utama akan memberikan teori memilih induk dan ejantan kambing yang baik , diantaranya sebagai berikut :

CALON INDUK KAMBING
  1. Calon induk dipilih berdasarkan catatan produksi misalnya bobot lahir (1,8-2 kg), berat sapih (6-8 kg), berat umur satu tahun atau yearling (20-25kg), pertambahan berat badan harian(80-120 g/ekor/hari), tidak mempunyai catatan distokia, jumlah anak sekelahiran (litter size) 1,5-1,8ekor/induk.
  2. Umur antara 8-12 bulan.
  3. Mempunyai efisiensi reproduksi yangbaik.
  4. Bentuk tubuh tegap, sehat, lincah, dan tidak cacat.
  5. Belum pernah terserang penyakit.
  6. Memiliki bentuk ambing simetris,sedikit menggantung dan puting susuyang normal (tidak bercabang).
  7. Bentuk punggung lurus dan bulumengkilap.


CALON PEJANTAN KAMBING
  1. Umur antara 1,5-3 tahun.
  2. Penampilan bagus dan tegap.
  3. Memiliki catatan atau informasi produksi maupun reproduksi yang superior, misalnya berasal dari induk yang jumlah anak (litter size) 1,5-1,8 ekor/induk, pertambahan berat badan harian (80-120 g/ekor/hari), bentuk scrotum simetris dan mempunyai panjang lingkar 28-30 cm dan tidak menampakkan abses permanen cauda epididimis, libido tinggi, sperma motil 90% dan progresif.
Demikianlah artikel singkat ini semoga bermanfaat. salam sukses,,,,,,,,,,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar