campuran-gomars
solo punya: MACAM-MACAM MAKANAN KAMBING ETAWA

Rabu, 21 Desember 2011

MACAM-MACAM MAKANAN KAMBING ETAWA

Macam-Macam Makanan Kambing Etawa sangat lah banyak, bagi peternak kambing etawa pasti anda ingin kambing peliharaan anda lebih baik, di artikel ini akan di jelaskan apa saja macam-macam makanan kambing etawa yang bagus diberikan untuk kambing peliharaan kita, artikel ini diambil dari beberapa reverensi artikel-artikel lain, semoga isi artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang memiliki peternakan kambing khususnya.
kambing etawa adalah salah satu kambing yang di gunakan para usahawan untuk dijadikan kambing perah, pemeliharaan kambing etawapun perlu biaya yang cukup bnyak, disini saya akan menerangkan macam-macam makanan kambing etawa yang baik dan alami.
MAKANAN
Untuk hal ini kalau di paparkan secara rinci munkin butuh waktu lebih dalam waktu sehari namun saya akan
menyampaika n uraian singkatnya pada dasarnya Jenis dan carapemberiannya disesuaikan dengan umur dan kondisi ternak. Pakan yang diberikan harus cukup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral,( bila di pelajari secara runtut menurut disiplin ilmu peternakan ) mudah dicerna, tidak beracun dan disukai ternak, murah dan mudah diperoleh. Pada dasarnya ada dua macam makanan, yaitu hijauan (berbagai jenis rumput) dan makan tambahan (berasal dari kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil kelapa, vitamin dan mineral). untuk jenis HMT ( hijauan makanan ternak ) dapat saya sebutkan berdasar pengalaman para peternak yang telah memelihara kambing jenis etawa dan berdasar para nara sumber yang berdasar para petani banyak sekali macam untuk HMT beberapa jenis akan saya sebutkan :

KaliandraDadap
Glagahan
Rumput Gajah
Daun NangkaDaun Singkong ( beserta singkongnya )
Daun Ketul sapi
Jagung Muda beserta pohonnya
Daun Sengon ,MahoniDaun Waru Rengis
Daun rereside.
kemudian untuk beberapa makanan tambahan seperti : Polar,Bungkil,Gula Jawa,Singkong ,Buah nangka (hijau)kulit kedelai.dll

Cara pemberiannya :
Diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore),sedang untuk volume kira kira berat rumput 10% dari berat badan
 
kambing, berikan juga air minum 1,5 – 2,5 liter per ekor per hari, dan garam berjodium secukupnya.
Untuk kambing bunting, induk menyusui, dan pejantan yang sering dikawinkan perlu ditambahkan makanan penguat dalam bentuk bubur sebanyak 0,5 – 1 kg/ekor/hari.

Bila mungkin anda belum tertarik dan jika anda butuh bukti kami menunggu kedatangan anda bertandang di wilayah kami anda akan tergiur mendengar harga kambing betina umur 4 bulan sudah mencapai harga diatas 4 juta dan mungkin anda akan lebih tercengang bila menyaksikan kisaran harga kambing ada yang pernah senilai mobil toyota avansa baru mungkin anda sangat di buat heran tapi datanglah dan saksikan transaksinya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar