campuran-gomars
solo punya: ISO

Selasa, 14 April 2009

ISO

Common CD atau DVD disc format gambar berdasarkan standar ISO-9660; berisi data yang sama persis pada disk; digunakan untuk membuat salinan dari CD dan DVD, termasuk data yang disimpan pada disk serta filesystem informasi, seperti direktori struktur, atribut file, dan boot kode.
ISO file digunakan untuk duplicating atau cadangan CD dan DVD karena salinan setiap bit data yang tepat dari disk; ini berbeda dari menyalin semua file dari disk karena head disk informasi akan hilang dalam proses; sebuah file ISO dapat digunakan untuk mengembalikan disc persis dengan versi aslinya.

Secara garis besar Iso adalah sebuah pack/ukuran internasional, untuk gambaran yang bisa anda bayangkan seperti halnya kita meng-pack file ke dalam RAR atau ZIP. Bedanya di sini ISO adalah Virtual Drive dimana bukan hanya file nya saja yang dipack akan tetapi seluruhnya beserta boot nya sekaligus dengan bigitu benar-benar utuh layaknya sebuah Virtual DVD atau CD yang disimpan didalam tempat penyimpanan/hardisk. Sebagai contoh apabila kita copy Sebuah Sofware Windows misalnya, dengan cara copy paste kedalam komputer. Setelah itu kita bakar windows tersebut, lalu kita coba instalkan kedalam computer kita kita tidak akan dapat masuk kebooting cdnya mengapa karna computer tidak menjumpai file boot windows. Akan tetapi berbeda apabila kita buat ISO cd tersebut terlebih dahulu kemudian membakarnya. Begitu pula dengan PS2 sebuah game DVD/CD memiliki Boot yang nantinya dideteksi oleh console PS2 untuk membangun /memanggil game tersebut untuk dimainkan di PS2. Walaupun PS2 sebenarnya diproteksi

Untuk tidak dapat memainkan kaset bajakan/copy-an (tetapi kita tidak membahas hal itu,karna ps2 yang masuk ke Indonesia sudah dicrack). Nah itu inti dari pembahasan kali ini untuk memahami dan merubah Game ke ISO terlebih dahulu untuk nantinya bisa kita gunakan untuk banyak hal seperti bakar ke DVD/CD untuk memainkan di PS2 optik, Isi game ke dalam hardisk USB Advance/ HDD Loader.

Ada berbagai software yang dapat digunakan :

-menggunakan DVD Decripter (khusus untuk format DVD)

-Apache 2 (untuk import iml,build iso,save iso dll)

-CDVDGEN (membangun bootPS2,Export iml)

-cdgenPS2 (membangun bootPS2,export iml, build iso dll)

software diatas saya rekomendasikan karna memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling dapat melengkapi (ckakaka… kayak orang pacaran aja).

Silahkan diunduh terlebih dahulu sebelum masuk ke artikel berikutnya.

Apache 2

CDVDGEN

CdgenPS2

DVD Decripter


Saya belum pernah mendengar siapapun yang tersandung ketika sedang duduk. Karena itu jalanlah terus meski anda tersandung dan jangan berhenti (Charles Kettering)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar