campuran-gomars
solo punya: BOOT USB ADVANCE DENGAN MEMORYCARD

Kamis, 09 April 2009

BOOT USB ADVANCE DENGAN MEMORYCARD

Pada dasarnya untuk memanggil/booting playstation2 adalah menggunakan DVD/CD. Dan kita perlu mengupgrade modchip untuk bisa memanggil program boot ELF dari sebuah hardisk internal.

Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya booting ps2 dengan sebuah memorycard. Akan tetapi perlu diingat memorycard yang digunakan tidak sembarangan. Yang akan kita pakai adalah memorycard dengan IC kaki laba laba bukan kaki tompel/tetes.

Alat alat yang dibutuhkan adalah :

-sebuah flashdisk

-memorycard

-CD ULAUNCELF (pada tips sebelumnya)

-Free McBoot.ELF

-USB advance.ELF.

Lankah pertama copy Free McBoot.ELF dan USB Advance.ELF di flashdisk anda. Setelah itu tancapkan flashdisk di port USB Playstation2.

Masukan CD ULAUNCELF dan jalankan.

tekan O File Browser

pilih drive USB flaskdisk = mass

Didalam Mass / drive USB cari file USB Advance.ELF copy file tersebut dengan menekan R1(menu) lalu pilih Copy.

Setelah itu tekan tombol segitiga untuk keluar dari Patc Mass

Lanjut masuk ke Path MC0/memorycard slot1, buat folder baru dengan nama BOOT (pastikan Huruf Besar semua). Setelah folder terbentuk masuk ke folder BOOT tersebut. Didalam folder BOOT Paste USB Advance disitu. R1 paste.

Keluar dar Path MC0 kembali ke Path Mass cari FreeMcBoot.Elf

Jalankan FreeMcBoot.ELF yang terdapat di flashdisk

Tampilannya akan seperti ini

Lalu Tancapkan Memorycard di slot 1yang nantinya digunakan untuk booting PS2

Jika memorycard temen2 penuh bisa temen format terlebih dahulu dengan menekan SELECT, akan tetapi jika isi data di memorycard dianggap penting (save2an game kesayangan anda) bisa temen back up terlebih dahulu sebelum melanjutkan kelangkah berikutnya.

Setelah semuanya clear dan Memorycard sudah tertancap di slot 1, baru temen install.

Ada2 cara menginstal Free McBoot

  1. dengan Normal install
  2. dengan Multi Version Instal

Bebas memilih. Kelebihan dari multi version install adalah anda bisa menggunakan memorycard tersebut untuk booting di PS2 lain akan tetapi masih dalam satu versi seri Ps2.dan kelemahannya memakan data lebih banyak dari normal install.

Untuk Normal Instal tekan X

Untuk Multi Version Instal tekan Kotak

Tunggu sampai proses selesai

Setelah itu matikan console dengan memiih Tombol Segitiga

Hidupkan Ulang PS2 anda. Jika sukses maka akan Masuk Ke program Usb advance

Download Usb Advance
Download FreeMcBoot
Sedikit tips pribadi, dirental saya sudah saya terapkan Ps2 Hardisk USB advance. Memorycard booting yang sudah jadi saya patenkan menggunakan lempengan seng + lem,saya tancapkan di slot 2 dan di hardisk / flashdisk(jika menggunakan flashdisk) saya buat folder BOOT(huruf besar),dan di dalam BOOT saya pastekan usbadvance.elf yang saya rename jadi BOOT.
Mass:/BOOT/BOOT.ELF
hal ini dimaksudkan pada saat Hardisk tertancap dan menyala dengan baik maka McBoot akan mengenal dan memboot BOOT.ELF di dalam Hardisk tersebut. dan jika hardisk belum tertancap/tidak menyala maka proses boot akan mengarah ke memorycard
mc0:/BOOT/BOOT.ELF (judul gamepun tidak muncul karna hardisk lupa dinyalakan)
keuntungannya disini adalah pemilik rental tidak kawatir akan kehilangan memorycard nya.
bagi pelanggan yang membawa memorycard sendiri bisa menyimpan di slot 1, dan bagi pelanggan yang tidak memilki memorycard, pada game2 tertentu mereka bisa menyimpan save game di slot 2 (Winning Eleven, Smackdown,DefJam dan lain2. semoga bermanfaat.

Dia yang menerima nasehat kadang-kadang lebih unggul daripada orang yang memberikan nasehat (Karl Ludwig Von Knebel)

9 komentar:

  1. Sore Pak,

    Saya punya mesin PS2 SCPH79003 Limited Edition, dan saya ingin bootingnya dari HDD, tapi setelah saya coba menggunakan Ulaunchelf / USBLoader /USBAdvance tetep gak bisa, dan saya coba untuk menginstallnya di Glodok, dan ternyata mereka bilang gak bisa, ini kan masalahnya dengan Gonta-ganti kaset.. padahal anak saya masih 3.5 tahun....
    Mohon saran dan apabila bisa saya mau bikin di anda aja.
    Terima kasih

    salam,
    agus (agus2104@yahoo.com)

    BalasHapus
  2. setelah nyari2 untuk ps slim suport modchip modbo 4.0 atau modbo 750 bapak,
    Hidupkan ps2 yang sudah dipasang modchip maka muncul logo MATRIX. masuk ke bios matrix tekan ∆ & O jika gagal tekan tmbl dl baru idupkn ps2. Akan tampil setingan bios matrix. ubah MACROVISION ke posisi OFF,tekan tombol start untuk menyimpan setingan. reset off konsol.
    anda masukan cd ulauncelf (download,extrak dan bakar UlaunchElf.ISO nya)http://www.ziddu.com/download/4224769/UlaunchELF.rar.html

    jika untuk membaca cd ulauncelf saja tidak bisa maka sulit pak untuk mencoba.karna kuncinya harus bisa ulauncelf dulu. atau bapak bisa menggunakan memory booting untuk pengganti cd booting.
    semoga membantu

    BalasHapus
  3. Om solo,saya mau bikin USB saya jadi Memory card. gimana caranya yah?
    Kalau tahu cara dan jawabannya tolong email saya di kikit_ardian@yahoo.co.id.
    kalau ada program yang harus saya miliki tolong email juga ke alamat di atas, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Maksudnya ini di Hardisk NA yach, bisa mas Ada 2 cara untuk membuatnya
    pertama ini
    http://satriogame.blogspot.com/2008/10/tips-menggunakan-flashdisk-jadi-mc-ps2.html

    Yang kedua ini
    http://satriogame.blogspot.com/2008/11/tips-virtual-mc-di-ps2-harddisk.html

    jika masih kesulitan silahkan gabung di forum

    BalasHapus
  5. Maaf mas mau tanya...
    Maklumlah baru pemula...he3x
    Di PS2 saya kok g' bisa booting lewat Memory ya..??
    Padahal saya sudah menerapkan cara yang masa kasih..
    Tapi kok g' bisa..??Kenapa ya mas..?Mohon bantuannya...??
    PS2 saya SLIM

    BalasHapus
  6. kang SOLO makasih banget yo aku udah bisa instal usbadvance di ps ku,semua game udah ku coba n bisa jalan semua,matur suwun banget yo kang atas pencerahan yg amat berharga ini,salam kenal "adityasetyo64@yahoo.com"
    batam kepri.......

    BalasHapus
  7. gan mau tanya aku dan instal semua cara2 diatas trus jg dah berhasil keluar destop nya tapi klo sy paki usb advance nya kok ga mau ya ? kira2 yg kurang apa ya ga??

    BalasHapus
  8. kn usb advancenya uda bsa ..
    tp misalnya mo kembaliin seperti semula lagi bsa kn .. ?

    BalasHapus
  9. HI,

    Mau Tanya niih, Kenapa ya Memory card gw ga bisa kebaca??
    Tapi masi ada sisa 1,3kb di MC nya sendiri.
    Mau ngedelete ga bisa, biasa nnya kan ada gambar2, trus bisa di delete gmn ya cara nya...??
    Mohon Bantuan nnya.

    BalasHapus